FIFA Umumkan Metode Baru untuk Undian Piala Dunia

Beralih ke Piala Dunia, penyelenggara turnamen empat tahunan tersebut, FIFA, baru saja mengumumkan keputusan mereka untuk mengubah format dari undian untuk putaran final 32 besar. Jika sebelumnya Pot dilakukan berdasarkan pembagian konfederasi, kali ini POT ditentukan oleh peringkat Negara di Tabel ranking Internasional.

FIFA Umumkan Metode Baru untuk Undian Piala Dunia

Sebagai informasi, sebelumnya FIFA hanya menentukan Pot pertama berdasarkan dari ranking sebuah Negara di Ranking FIFA., sedangkan untuk tiga Negara lainnya dalam sebuah group ditentukan oleh pembagian konfederasi. Itu artinya, aturan saat ini sangat berbeda dengan aturan sebelumnya.

Peringkat FIFA yang akan digunakan dalam proses undian yang melibatkan 32 tim peserta nantinya akan dilakukan berdasarkan rangking masing-masing tim pada Oktober mendatang. Lebih lanjut, FIFa juga menegaskan bahwa aturan pembatasan tak lebih dari satu tim yang berasal dari konfederasi yang sama dalam satu grup akan tetap berlaku.

Dengan ditentukannya format baru ini, praktis Rusia bersama dengan 7 Negara dengan peringkat terbaik pada Ranking FIFA plus tim Nasional Brazil yang sudah lebih dulu mendapatkan tiket ke putaran Final, bakal berada pada Pot pertama dalam undian fase Group nanti.

Namun jangan senang dulu, pot kedua berisikan Negara-negara yang tak kalah hebatnya, sebut saja Prancis, Inggris dan Negara-negara lain yang belum mampu menembus tujuh besar peringkat teratas di Ranking FIFA saat ini.

Adapun sejauh ini belum ada pernyataan atau pendapat apapun dari pelatih-pelatih atau ketua asosiasi sejumlah Negara terkait dengan keputusan FIFA mengubah format pembagian POT piala dunia tahun depan. Well, Kita nantikan saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *